1500 YATIM SURABAYA AKAN GELAR PRODUK DAN KREATIFITAS DI GANG DOLLY

1500 YATIM SURABAYA AKAN GELAR PRODUK DAN KREATIFITAS DI GANG DOLLY


Gatmedia.net - Peringatan 10 Muharram sebagai Hari Anak Yatim Nasional telah digelorakan oleh para pegiat sosial khususnya para pengasuh panti asuhan Islam di kota Surabaya sejak tahun 2000. Setiap tahun kegiatan peringatan HAYN selalu dinanti oleh anak - anak yatim kota Surabaya sebagai ajang kreatifitas bagi anak - anak yatim di panti asuhan.

Peringatan HAYN ini dicetuskan dengan tujuan sebagai moment dakwah sosial, mengingatkan kepada masyarakat bahwa urusan yatim adalah urusan universal yang ada dalam semua agama, perintah tuhan dan menjadi bagian dari standart keimanan seseorang kepada tuhannya.

Tak hanya itu, moment peringatan HAYN yang akan dilaksanakan pada hari Ahad, 8 Oktober 2017 ini juga sebagai pengingat bagi pemerintah untuk senantiasa memperhatikan urusan yatim mengingat hingga saat ini blm ada regulasi khusus terkait anak - anak yatim. Dalam undang - undang, anak yatim dimasukkan dalam kelompok anak terlantar padahal dalam proses penanganannya jelas berbeda menurut aturan agama.

Setiap tahun, melalui peringatan HAYN ini kami terus mendorong agar pemerintah memberikan apresiasi yaitu penetapan 10 Muharram sebagai Hari Anak Yatim Nasional serta memasukkan kata yatim dalam UUD 1945 pasal 34. Pengakuan ini akan berdampak pada dakwah sosial, perhatian masyarakat serta regulasi -regulasi terkait anak yatim.

Dikota Surabaya, peringatan HAYN dilaksanakan oleh Badan Kerjasama Panti Asuhan Islam Kota Surabaya  ( BKSPAIS ) yang berkantor di Jl. Bendul Merisi Airdas 4A Surabaya. Untuk wilayah Jawa Timur dan Nasional dilaksanakan oleh Forum Kerjasama Panti Asuhan Islam ( FKPAIS ) melalui pengurus daerahnya diberbagai daerah seluruh Indonesia.

Gang Dolly, tahun ini dipilih sebagai tempat peringatan HAYN, hal ini selaras dengan giat dari Pemerintah Kota Surabaya untuk mengubah Dolly menjadi kawasan ekonomi produktif, pariwisata dan pemberdayaan perempuan. Pada peringatan HAYN tahun ini juga digelar produk - produk kreatifitas dari panti asuhan sebagai wujud bahwa anak - anak yatim Kota Surabaya juga mampu mandiri dan berkreasi.

Kegiatan akan dimulai dengan pawai 1500 anak yatim kota Surabaya dengan Start di depan Islamic Center, Jl. Dukuh Kupang 122-124 Surabaya pada pukul 06.30 WIB. Peserta berjalan sejauh 1Km dengan finish di Jl. Kupang Gunung Timur Gg.1 atau yang di kenal dengan Gang Dolly. Anak - anak yatim akan mengenakan berbagai kostum yang menarik karena keunikan tampilan kostum juga akan menjadi penilaian dari panitia.

Walikota Surabaya, direncanakan akan hadir memberikan sambutan dan semangat kepada anak - anak yatim ini. Peringatan HAYN ini juga disupport oleh YDSF Surabaya sebagai mitra program, Forum Kerjasama Panti Asuhan Islam Jawa Timur dan Forum Yatim ASEAN. ( Cak Met )
Share on Google Plus

About Sandy

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.