DENGAN KINERJA TEBAIK, KOTA SURABAYA RAIH PENGHARGAAN PARASAMYA PURNAKARYA NUGRAHA

DENGAN KINERJA TEBAIK, KOTA SURABAYA RAIH PENGHARGAAN PARASAMYA PURNAKARYA NUGRAHA


Gatmedia.net - Hari ini, deretan prestasi kota Surabaya bertambah lagi. Bertepatan dengan hari jadi Provinsi Jawa Timur, Kota Surabaya mendapat penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha dari Negara. Penghargaan yang pertama kalinya diterima oleh Pemkot Surabaya ini diserahkan pada saat upacara peringatan hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-72, hari Kamis tanggal 12 Oktober 2017 di Tugu Pahlawan.

Penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha ini adalah penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Negara kepada Provinsi dan Kabupaten / Kota yang melaksanakan kepemerintahan dengan kinerja terbaik. Penghargaan ini sesuai dengan Keppres 36&38/TK/2017 yang ditanda tangani oleh Presiden Jokowi di Jakarta pada 20 April 2017.

Tak hanya pembangunan fisik yang menjadi tolak ukur dari penghargaan ini namun penanganan permasalahan sosial, penyelenggaraan pemerintahan serta dedikasi yang tinggi untuk menggerakkan masyarakat untuk turut serta dalam pembangunan turut menjadi penilaiannya. Surabaya dinilai telah membuat terobosan inovasi dalam pelayanan public kepada masyarakat GRMS (Government Resources Management System) pelayanan berbasis online.

Bersama Pemerintah Kota Surabaya, pemerintah provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten Lamongan dan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo turut mendapat penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha. Piala diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri, Tjahyo Kumolo.

Saya berharap untuk mau evaluasi kota di Provinsi Jatim, khususnya pelayanan public, peningkatan daya saing daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.  Besar harapan kami, Pemprov Jatim menyelesaikan agenda strategis nasional di Jatim, mulai dari Gubernur sampai di desa,kata Mendagri.

Dalam sesi penyerahan, 4 Piala dibawa oleh 12 orang yang tergabung dalam pasukan dari IPDN. Setelah acara penyerahan selesai, Drumband dari AAl turut memeriahkan suasana upacara. Tak hanya itu, tarian dan nyayian tradisional juga ditampilkan.

Dalam Kamus Wikipedia disebutkan bahwa Parasamya Purnakarya Nugraha (yang berarti Anugerah atas pekerjaan yang baik atau sempurna untuk (kepentingan) semua orang), adalah sebuah tanda penghargaan yang diberikan kepada Provinsi/Daerah Tingkat I dan Kabupaten/Kotamadya/Daerah Tingkat II yang menunjukkan hasil karya tertinggi pelaksanaan Pembangunan Lima Tahun dalam rangka meningkatkan kesejahteraan seluruh rakyat.

Penghargaan ini diberikan kepada gubernur dan/atau bupati/wali kota daerah yang mendapatkan penghargaan. Contohnya provinsi Sumatera Barat pada era gubernur Azwar Anas atau pemerintah kabupaten, misalnya kabupaten Banggai, Trenggalek, Sleman.

Penyerahan penghargaan untuk daerah provinsi/tingkat I diberikan oleh Presiden Republik Indonesia di ibukota provinsi bersangkutan. Penyerahan penghargaan untuk daerah kabupaten/kotamadya/tingkat II diberikan oleh Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden Republik Indonesia di ibukota kabupaten/kotamadya bersangkutan. ( Cak Met )

Sumber : www.surabaya.go.id, Wikipedia.

Share on Google Plus

About Sandy

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.