MEMPERINGATI HARI JANTUNG SEDUNIA, WALIKOTA SURABAYA MENGAWALI BIKE TO WORK

MEMPERINGATI HARI JANTUNG SEDUNIA, WALIKOTA SURABAYA MENGAWALI BIKE TO WORK

 Foto sumber : IG Asli Suroboyo @rahmad julianto

Gatmedia.net – Kota Surabaya kembali membuat gebrakan dalam rangka peringatan hari jantung sedunia yaitu dengan Bike To Work. Giat naik sepeda angin ketempat kerja ini dimulai dari jajaran pemerintah kota Surabaya pagi ini, Jumát  ( 29/9). Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini yang mengayuh sepeda mulai dari kediamannya di Taman Pondok Indah daerah Wiyung ke Pemkot dengan waktu tempuh selama 1 jam 50 menit.

Risma berangkat dari kediamannya pukul 04.25 WIB dan sampai di Balaikota pukul 06.15 WIB, bagi yang jarang bersepeda tentu hal ini  menjadi sangat berat. Jarak 11 Km antara rumah kediaman di TPI Wiyung hingga balai kota tentunya adalah jarak yang cukup jauh. Pagi ini, beberapa kepala OPD juga tampak mendampingi walikota Surabaya menuju balai kota.

sumber foto : WA Grup Surabaya oh surabaya

Bagi pegawai dilingkungan Pemerintah Kota Surabaya kegiatan bike to work ini menjadi wajib termasuk untuk walikota sendiri. Tak hanya itu, seluruh PNS dan guru sekalipun juga akan mengikuti kegiatan  bike to work ini, hal ini juga diharapkan bisa dilakukan oleh seluruh warga kota Surabaya ketika berangkat menuju tempat kerjanya masing – masing. Himbauan ini disampaikan mengingat tingginya kematian akibat serangan jantung, bike to work ini rencananya akan dilakukan 1 kali tiap bulan yaitu pada hari jumat terakhir .

Dengan bersepeda maka badan kita akan sehat dan mengurangi polusi udara serta penghematan bahan bakar. Berikut beberapa manfaat bersepeda bagi  kesehatan tubuh kita :

1. Cepat membakar kalori.  Bersepeda bisa membakar sekitar 300 kalori per jam dengan kecepatan sedang, 400 kalori per jam jika dengan kecepatan 10-11 mph, dan 700 kalori bersepeda gunung dimedan berat selama 1 jam. Bahkan Anda sudah bisa membakar lemak sebanyak 5 kg selama setahun, hanya dengan menggunakan waktu setengah jam sehari bersepeda dengan kecepatan sedang.

 2. Membakar lemak dan mempertegas otot.  Setiap putaran pedal mencairkan lemak dan memperkuat ketegasan otot-otot di pant*t, paha, betis, telapak  dan gelandangan kaki. Naik sepeda di atas tanah yang bergelombang atau menanjak akan melatih tubuh atas, karena lebih banyak berat tubuh Anda didukung oleh lengan dan bahu.

3. Meningkatkan suasana hati(mood).  Kecemasan, stres, dan depresi semua bisa diatasi dengan bersepeda, yang sebagian karena aktivitas bersepeda itu sendiri juga kesenangan dan kepuasan yang diperoleh dari naik sepeda. Bersepeda baik untuk kesehatan mental Anda seperti halnya bentuk-bentuk aktifitas latihan yang lain seperti aerobik. Hal ini mungkin disebabkan karena pelepasan endorfin (senyawa kimia otak yang menimbulkan perasaan senang).

4. Dapat mencegah penyakit jantung.  Sebuah studi yang dilakukan oleh British Medical Association menemukan bahwa bersepeda sejauh 20 mil dalam seminggu dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner sebesar 50 persen. Dan sementara itu bersepeda juga bisa menghilangkan kerutan tanda-tanda penuaan. Penelitian lain menunjukkan bahwa mengendarai sepeda secara umum menyehatkan, bahkan membuat seseorang kelihatan sekitar 10 tahun lebih muda.

5. Bagus untuk meningkatkan stamina Bersepeda adalah jenis olahraga  low impact. Dengan demikian bersepeda merupakan cara terbaik untuk meningkatkan stamina,  karena Anda bisa mengayuh lebih lama lagi daripada melakukan aerobik atau berjalan kaki dimana yang membuat Anda lebih cepat lelah. Selain itu, bersepeda juga akan memperkuat jantung dan paru-paru, yang memungkinkan Anda bekerja lebih efisien, sehingga Anda akan merasa lebih mudah melakukannya hingga akhir.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh Beberapa studi menunjukkan bahwa aktivitas tingkat moderat, seperti bersepeda, bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga membuat tubuh lebih kebal terhadap penyakit termasuk batuk dan pilek. Lebih baik lagi, jika hari-hari ketempat kerja Anda dilalui dengan bersepeda daripada naik angkutan umum (tentunya jika kondisi memungkinkan).  ( Sumber : http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/manfaat-utama-bersepeda.html )

Demikian beberapa keuntunga yagn kita dapat ketika kita bersepeda angin namun perlu diingat bahwa bagi anda yang tidak terbiasa ada baiknya dilakukan dengan perlahan – lahan dengan jarak yang tidak terlalu jauh. Hal ini agar tidak terjadi kram atau trauma otot, hal yang penting juga adalah pemanasan sebentar berupa peregangan otot sebelum mengayuh sepeda angin. Selamat bersepeda ! ( Cak Met )
Share on Google Plus

About Sandy

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.